Translate

Sabtu, 03 November 2012

Naik Trans Jogja

 Setiap hari aku berangkat sekolah menggunakan kendaraan umum. Aku memilih Bis Trans Jogja dikarenakan biayanya murah, selain itu tempat cukup luas dan Bis Trans Jogja tidak berhenti di sembarang tempat, tetapi bis itu berhenti di setiap halte. Karena itulah aku senang menaiki Bis Trans Jogja, sudah bisa istirahat menunggu bis di Halte yang cukup nyaman daripada menaiki bis umum yang harus menunggu di jalan. Walaupun Bis Trans Jogja sudah cukup tua dan agak rusa seperti bis-bis kota biasanya, tetapi bis ini masih lebih cepat daripada bis-bis kota biasanya. Halte-halte pemberhentian Bis Trans Jogja ada dua macam, yaitu halte biasa dan halte pos. Bedanya halte biasa tidak dapat mengisi pulsa kartu Trans Jogja, dan jika halte pos dapat mengisi pulsa kartu Trans Jogja.

Masuk ke Halte Trans Jogja harus membayar Rp3.000,- untuk masing-masing orang. Itu pun bisa berkeliling Yogyakarta asalkan kita tidak turun dari halte. Jika kita membayar Rp3.000,- kita akan diberi kartu oleh petugas halte lalu tinggal masuk. Berbeda dengan kartu yang menggunakan pulsa. Biasanya kartu yang menggunakan pulsa menggunakan Bank. ada Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BCA. Setiap 2 bulan terdapat iklan baru harga kartu Trans Jogja setiap kali masuk. Biasanya kartu Trans Jogja membayar maksimal Rp2.700,- satu kali tap. Jika ada iklan terbaru, kartu tersebut bisa harganya turun hingga Rp1.000,- ataupun Rp1.500,-. Cara penggunaannya kita tinggal menempelkan kartunya ke mesin tap. Kartu Trans Jogja yang dari bank bisa digunakan semua umur.

Ada lagi kartu siswa. Biasanya itu kartu hanya untuk siswa yang masih sekolah. Satu kali tap hanya membayar Rp2.000,-.

Ini saran dari aku...
Jika kita berangkat untu sekolah maupun pergi ke kantor, kita harus lebih awal dari biasanya kita berangkat ke tujuan kita. Itu dikarenakan saat kita naik bis, kita tidak dapat memprediksi kapan kita sampai, dan biasanya sekarang bis-bis Trans Jogja sudah mulai banyak yang mogok di jalan. Jadi kita berangkat lebih awal supaya jika ada sesuatu yang terjadi, kita tidak perlu tergesa-gesa karena waktu kita yang dibutuhkan untuk ke tujuan masih agak lama.

Maaf jika ada kesalahan, aku hanya memberikan petunjuk bagaimana cara kita berangkat ke tujuan kita menggunakan Bis Trans Jogja. Terimakasih.....







Tidak ada komentar:

Posting Komentar